CV. Under Sky Agency

Tourism - Entertainment - Business Development - Construction

Jihana Gallery and Art

Jihana Gallery and Art merupakan perusahaan online yang masih dalam manajemen CV. Under Sky Agency. Kami menjual barang-barang fashion, handycraft, kesenian hingga barang antik. Tim yang diusung Jihana Gallery and Art merupakan tim berpengalaman dan sudah terbukti dalam hal kinerja maupun kepercayaan

BPC HIPMI Jepara Peduli Anak Yatim

Selasa (7/7) kemarin, HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Badan Pengurus Cabang Jepara mengadakan acara sosial bertemakan "Berbagi rasa sesama saudara".

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Cerita Penipuan Online

Saat telepon tersambung, suara lelaki sekitar umur 35-40 tahun bernama Bpk. Iskandar menyambut dengan linglung....

Cerita Penipuan Online

Ilustrasi dari Google
Awal bulan November 2014 ada kejadian unik yang dulu saya harapkan dan ternyata menjadi kenyataan.....

Siang hari saat sedang mengurus beberapa kerjaan dan orderan, tiba-tiba rekan saya yang mengelola cabang di Jogja telepon. Beliau memberi kabar bahwa ada calon konsumen yang ingin memesan tiket pesawat, rekan saya tidak bisa melayani karena sedang keluar kota bersama keluarganya. Dika adalah nama panggilan sahabat sekaligus rekan bisnis saya. Tepatnya pada sore hari, rekan saya tersebut mengirimkan nomor telepon calon konsumen tersebut melalui BBM (Blackberry Messenger). Tentu saya sebagai seller wajib hukumnya untuk segera menghubungi.

Saat telepon tersambung, suara lelaki sekitar umur 35-40 tahun bernama Bpk. Iskandar menyambut dengan linglung.
Percakapan :
Saya : WisataJepara.Com, selamat sore.....
Bpk. Iskandar : Iya sore...
Saya : Saya mendapat notifikasi dari rekan saya Bpk. Dika, bahwa anda berencana memesan tiket pesawat. Apakah benar hal tersebut?
Bpk. Iskandar : engh....mmm..... oh, iya...iya....benar
Saya : Iya pak, begini....bapak berencana memesan tiket keberangkatan dari mana dan tujuannya kemana??
Bpk. Iskandar : saya mau pesan tiket Semarang-Jakarta Pak.
Saya ; Oke pak, mau pesan untuk keberangkatan kapan, bapak?
Bpk. Iskandar : Saya mau pesan untuk besok hari Senin, sekitar siang ya....

Saya langsung cek jadwal penerbangan sesuai keinginan beliau dengan software keagenan tiket pesawat yang saya pakai. Lalu, di layar monitor laptop telah muncul jadwal penerbangan untuk tanggal yang diinginkan Bpk. Iskandar.

Saya : Bapak ingin memesan untuk berapa kursi??
Bpk. Iskandar : saya pesan 7 kursi.
Saya : Segera kami proses pak..... Untuk melakukan reservasi, saya membutuhkan nama lengkap para calon penumpang yang bapak daftarkan
Bpk. Iskandar : oke Pak Panji, setelah ini karyawan saya akan mengirim nama-nama penumpangnya melalui SMS
Saya : Baik Pak, saya tunggu.......Sebelum itu, saya membutuhkan alamat email bapak guna mengirimkan invoice dan e-ticket yang sudah dibayar.
Bpk. Iskandar : Gak usah Pak, nanti kalau sudah saya bayar dan tiket sudah issued cukup kirimkan kode booking lewat SMS aja....
Saya : Baik Pak, namun alangkah baiknya agar tetap saya kirimkan e-ticket ke email anda karena pelayanan kami harus sampai tuntas.
Bpk. Iskandar : Gak usah mas, saya percaya kok sama anda. pokoknya nanti kalau issued SMS aja kode booking tiket saya, tenang aja Pak Panji...
Saya : Baik kalau begitu Pak, mohon segera kirimkan nama-nama calon penumpangnya dan silahkan ditunggu proses booking dari kami.
Bpk. Iskandar ; Ya mas....saya tunggu invoice dari anda

Telepon pun saya tutup....
Sedikit bingung dan ada rasa curiga, karena hanya pelanggan rutin saja yang cukup meminta kode booking via SMS tanpa perlu mendapatkan tiket pesawatnya. Tetapi, rata-rata pelanggan yang sudah rutin tersebut tetap saya kirimkan tiket pesawatnya melalui email sebagai SOP agen tiket. Saya juga curiga dengan nada/logat bicara Bpk. Iskandar, sangat kental sekali seperti customer service. Padahal, dia diposisikan sebagai pembeli serta beliau mengaku sebagai pimpinan sebuah perusahaan, tentunya
sikap jaim berwibawa bukan sikap layaknya customer service.

Meskipun sedikit kecurigaan tersebut mulai datang, saya tetap menyelesaikan proses reservasi tiket pesawat Bpk. Iskandar karena bagaimanapun beliau adalah konsumen WisataJepara.Com. Setelah mendapatkan SMS berupa nama-nama calon penumpang dari karyawannya Bpk. Iskandar, saya langsung melanjutkan proses input data pada reservasi tersebut. Tak lama kemudian, total invoice keluar yang langsung saya sampaikan ke Bpk. Iskandar melalui SMS serta memberitahukan akun bank yang saya sediakan sebagai fasilitas pembayaran. Tak lama kemudian Bpk. Iskandar menghubungi saya....


Saya : Malam Pak, bagaimana untuk total invoice yang saya kirimkan??
Bpk. Iskandar : Maaf Bapak, apakah anda memiliki akun bank BRI?? Karena akun bank saya BRI
Saya : Tentu ada pak, namun tidak apa-apa jika anda ingin melakukan transfer dari bank BRI ke bank BCA.
(Aneh kan......Beliau pimpinan perusahaan besar dan memesan tiket pesawat 7 orang untuk ke Jakarta, tapi akun bank hanya memiliki BRI. Selain itu, transfer uang antar beda bank tentu bisa dilakukan dijaman facebook sekarang ini)
Bpk. Iskandar : Saya ini dipelosok Pak, jadi agak sulit untuk melakukan transfer uang. Jadi, anda harus menggunakan akun bank BRI juga.
Saya : Baik pak, segera saya kirim via SMS akun bank BRI saya....
Bpk. Iskandar : Baik pak, saya tunggu ya...
*Telepon ditutup

Wauwww..............


Sangat-sangat aneh semakin terasa......

Sekitar 15 menit setelah saya mengirimkan akun bank BRI melalui SMS, Bpk. Iskandar langsung menghubungi saya untuk memberitahukan bahwa invoice telah dibayarkan. Karena saya menggunakan fasilitas mobile banking dan e-banking untuk semua akun bank yang saya miliki, tentu sangat mudah untuk melakukan pengecekan ataupun mendapatkan notifikasi tentang lalu lintas keuangan yang terjadi. Tak lama kemudian telepon saya berdering....

Bpk. Iskandar : Bagaimana pak, sudah bisa di issued tiketnya??
Saya : Mohon maaf bapak, pembayaran anda belum kami terima....Mohon ditunggu sebentar hingga pembayaran anda masuk ke rekening kami.
Bpk. Iskandar : Lho......gak mungkin belum diterima mas! saya sudah transfer lho.....saya tadi baru dari ATM dan saya transfer sesuai invoice dari bapak!!
Saya : Iya pak, mohon ditunggu sebentar....mungkin server BRI sedang sibuk/sedang ada penumpukan lalu lintas transaksi sehingga pengiriman uang bapak tidak bisa cepat.
Bpk. Iskandar : Coba Pak Panji cek ke ATM, apakah transfer saya sudah masuk atau belum.
Saya : Tenang bapak, kami menggunakan fasilitas tercepat agar transaksi dengan konsumen bisa cepat, jadi kami menggunakan fasilitas mobile banking dan e-banking. Hanya dalam hitungan detik segalanya bisa diproses dan konsumen pun puas
Bpk. Iskandar : oh gak pakai ATM???Coba pak ke ATM saja, di cek dulu
Saya : Seperti yang saya beritahukan tadi bapak, kami menggunakan sistem yang canggih untuk jual beli tiket pesawat, tentunya juga akurat. (Hahahahahaa.....Kayak udah jadi server ticketing yang bonafit aja, kok sistem yang canggih.hihihihihiii......tapi kan memang canggih)
Bpk. Iskandar : Baik Pak, kalau begitu saya mau menghubungi call center BRI dulu untuk komplain masalah ini
Saya : Iya pak, silahkan.....
*Telepon ditutup

Menurut kalian bagaimana???terutama para pembaca yang sama bidangnya (agen tiket pesawat) ?????

Tak lama kemudian bpk. Iskandar menghubungi saya.....
Saya ; Selamat malam Pak............mohon maaf, pembayaran masih belum kami terima
Bpk. Iskandar : Saya sudah komplain ke call center BRI dan dari pihak BRI telah memberikan solusi untuk permasalahan ini. Jadi, BRI sedang mengalami trouble di software mereka sehingga transaksi saya tertahan di BRI pusat, kemungkinan besok siang baru bisa terkirim ke rekening tujuan. Solusi yang mereka kasih agar malam ini bisa terkirim, Bapak Panji harus ke ATM untuk melakukan pengecekan. Nanti saat Bapak Panji tiba di ATM terdekat, saya akan memberikan intruksi untuk menarik dana yang saya kirimkan tadi.

(Ternyata......eh ternyata.................Gw lagi di PeHaPe-in sama penipu yang jadi konsumen!!!!!!!!!!Ketahuan beneran nih Penipu,,,,,,,,)


Saya : Maaf Pak, ATM BRI tidak ada yang terdekat karena kantor saya berada di pinggir kota, mungkin sekitar 6 km dari sini untuk menuju ATM BRI. Didekat kantor saya hanya ada ATM Mandiri dan BNI, jadi harus keluar kantor.
(Padahal ATM Mandiri dan BNI adalah yang agak jauh dari kantor, ATM BRI cuma 2 km dari kantor. hahahahahahahaa..............)
Bpk. Iskandar : Ya sudah, tidak apa-apa pak...pakai ATM BNI/Mandiri juga bisa. Nanti saya berikan pengarahan melalui telepon.
Saya : Begini Pak, perhitungan dari profit yang didapat perusahaan kami akan minus jika saya transaksi dengan bank BRI menggunakan ATM bank lain. Maka dari itu, kami menggunakan mobile banking dan e-banking untuk mempermudah konsumen dan tentunya perusahaan juga. Selain itu, saya sekarang sedang melayani konsumen lain juga melalui chatt online untuk pemesanan tiket pesawat dan tiket wisata, tidak mungkin saya tinggalkan. Solusi dari saya, silahkan bapak tunggu 1x24 jam untuk transaksi tadi. Pasti uang tersebut akan masuk dalam waktu 1x24 jam, jika tidak masuk ke rekening saya pasti akan kembali ke rekening bapak.
Bpk. Iskandar : Gak bisa Pak, harus malam ini....karena itu bukan uang saya tapi uang perusahaan.
Saya : Iya Pak, tenang saja....uangnya tidak akan hilang atau terkirim ke rekening lain. (hahahahahahaa.....) Setiap hari saya bertransaksi menggunakan jasa perbankan, jadi tidak ada istilah uang transferan hilang. Antaranya terkirim atau kembali ke rekening pengirim.
Bpk. Iskandar : Tapi pak Panji, saya harus tahu kejelasan tentang transfer saya ke anda dan itu bukan uang pribadi.
Saya : Ya sudah begini saja.....didepan saya ada 3 buah komputer yang aktif dan online. Komputer-komputer ini terintegrasi dengan sistem perbankan serta dapat melacak alur transaksi yang terjadi di akun bank saya. Silahkan bapak menyebutkan nomor rekening dan nama pemilik akun bank yang dipergunakan untuk transfer ke bank saya tadi. Saya bisa melacaknya dan mengetahui lintas transaksi tersebut dengan sedikit kode enkripsi dan bantuan beberapa software canggih untuk penjualan online. Dengan begitu, saya akan mengetahui riwayat transaksi anda.
(untuk para pembaca, kata-kata saya diatas ini hanya sekedar gertakan/pancingan belaka.....saya ingin menakuti dengan kepemilikan software canggih dan alat pelacakan online. hahahahahaaha........ Jadi bukan realita)
Lalu dengan terbata-bata dan gugup Bpk. Iskandar menjawab : Emmh....anu.....nnggg....itu pak....Gini aja, nanti saya hubungi lagi.
*Telepon tiba-tiba terputus

Hingga keesokan harinya, beliautidak ada menghubungi lagi....bahkan sampai sekarang!!!

Begitulah sedikit kronologi ceritanya, sebenarnya lebih lama dan panjang namun saya masih ada beberapa kerjaan yang harus diselesaikan. Artikel ini saya buat selingan saat istirahat dan berbagi pengalaman agar rekan-rekan tidak mudah terjatuh di sebuah sisi PHP berlanjut ke penipuan.

Salam sukses, semoga bermanfaat.....

Penipuan Online | Cerita Penipuan | Penipuan Jual Beli | Pengalaman Ditipu | Peipuan

Event atau Acara

Ilustrasi : Tim CV. Under Sky Agency

Posting tengah malam karena belum bisa menggeliat di atas kasur......

Tentunya para pembaca tahu arti dari event atau dalam bahasa Indonesia tercinta adalah acara. Berawal dari kerjaan saya dahulu di bidang food & beverage, saya mencoba terjun ke dalam dunia event. Seringnya event yang diadakan para pengusaha-pengusaha asing maupun lokal menjadi lahan meraup recehan bagi saya dan tim freelancer. Selain itu, saya juga belajar, dimotivasi, dan berpikir semakin cepat dalam mengelola suatu acara oleh rekan saya Lila Octarina (saya memanggilnya Jeng Lila) selaku manajer di Bayfront Villa Jepara. Beliau memberikan banyak pelajaran tentang pengelolaan suatu acara, serta mengatur SDM yang juga menentukan acara itu akan berjalan lancar atau tidak.

Akhirnya, jasa tersebut saya masukan ke dalam bidang produk usaha saya di CV. Under Sky Agency. Untuk menjalaninya pun gampang-gampang susah, namun bisa dibilang sangat seru karena kita bisa lebih kreatif, inovatif, cepat, tanggap, konsentrasi meningkat, berorganisasi, berinteraksi dengan tamu maupun klien yang bekerjasama dan tentunya recehan rupiah masuk ke kantong.

Pengelolaan suatu acara memiliki point penting 6T yang tidak boleh dilupakan, adalah :
  1. Tema
  2. Total dana
  3. Tempat
  4. Tim
  5. Time schedule
  6. Tamu. 
Hal-hal diatas bisa dibilang sebagai pondasi utama yang harus dimiliki dan harus siap sebelum proses pengelolaan. Jika di teliti lebih dalam, tentu akan butuh halaman posting yang lumayan panjang. Inti yang harus diingat yaitu sebuah jasa pengelola acara (Event Organizer) adalah organisasi, namun organisasi bukan pengelola acara.

Kenapa begitu????

Keduanya memiliki maksud yang sama dalam sebuah acara, namun detail makna maupun hasil kinerjanya jauh berbeda.

Dalam sebuah Jasa pengelola acara kita dituntut benar-benar kreatif dan meminimalisir kegagalan maupun kekurangan. Karena kita berbicara tentang biaya yang dikeluarkan penyelenggara, pembayaran sewa fasilitas dan gaji tim. Jika satu departemen mengalami kegagalan/kesalahan, pengaruhnya akan berdampak besar terhadap departemen lain apalagi berbicara tentang payment penyelenggara, sewa fasilitas dan gaji). Selain itu, adalah nama baik Jasa pengelola acara tersebut.
Jika sebuah organisasi gagal/mengalami kesalahan sedikit-besar dalam mengadakan acara, dapat dimaklumi serta bisa diperbaiki ke acara selanjutnya. Tapi, jika Jasa Pengelola Acara mengalami kegagalan/kesalahan sedikit-apalagi besar, tentunya berdampak pada repeat order, testimoni dan hajat hidup para tim yang lainnya. Maka dari itu, perlu dibedakan jika acara yag diadakan oleh organisasi dengan Jasa Pengelola Acara.

Dalam hal lainnya, yaitu tentang cekat, cepat dan tanggap. Organisasi mewajibkan para anggotanya untuk saling berkomunikasi 1x24 jam (keterlaluan, hehehehe.....) dalam mengurus pengelolaan sejak H- hingga H+ agar tetap bisa terpantau kinerjanya. Beda halnya dengan Jasa Pengelola Acara, yang secara sadar diri para anggotanya akan kreatif dan bisa mengatasi masalah dengan cepat. Komunikasi adalah wajib hukumnya, namun tidak perlu terlalu sering karena akan menimbulkan kurangnya efektifitas dan efisiensi pengelolaan. Dengan kurangnya tersebut, akan timbul keterlambatan suatu departemen.
Mengapa bisa begitu??????
Ya....karena ketika ada satu hal kecil yang wajib diinformasikan, sedangkan dari departemen tersebut mampu mengatasi atau mencarikan solusi lain yang tidak terlalu berbeda dengan perencanaan awal. Merekan harus menjelaskan ulang, lalu pihak departemen lain yang tidak setuju akan memperdebatkannya. Sehingga, akan terjadi rapat/briefing lagi yang sangat tidak diperlukan bahkan bisa membuat time table tim rusak.
Pihak departemen yang mengatasi atau mencarikan solusi lain tersebut hanya perlu konfirmasi permasalahan atau kinerjanya saat acara selesai dan jika hal tersebut dirasa perlu untuk diinformasikan.

Foto : CV. Under Sky Agency

Cukup jelas dalam perbedaannya, namun keduanya tetap bisa menjadi sebuah tim yang baik selama tiap anggotanya memiliki kesadaran kerja. Tidak perlu diperintah, ditegur dan di sindir, sebagai tim sudah harus sadar diri tentang kerjanya dan penyelesaian permasalahan yang dialami. Begitu keseluruhan tim memiliki dasar seperti itu, pengelolaan akan selesai dengan cepat dan baik.

Antara Dokter dan Sales Obat

Ilustrasi

Judul yang kontras dalam bidang kesehatan, namun membuat sebuah pertanyaan bagi para pembaca.....


Mungkin anda akan bertanya, yang dibahas sebenarnya apa ya???
Sejak 2 tahun ini, saya di bingungkan oleh profesi seorang dokter. Menurut pengalaman dan banyak orang, fungsi atau tugas seorang dokter adalah :
  1. Memberikan pelayanan medis sesuai SOP kedokteran
  2. Merujuk pasien ke dokter/rumah sakit/perawatan yang lebih spesifik dalam penanganan penyakit pasien tersebut, jika sang dokter dirasa kurang dalam hal wewenang serta fasilitas
  3. Menjaga kerahasiaan tentang riwayat penyakit pasien dari orang lain, walaupun pasien tersebut telah meninggal dunia
  4. Melakukan pertolongan darurat atas dasar perikemanusiaan
  5. Diskusi masalah penyakit pasien secara terbuka dan bertanggung jawab
  6. Memberi informasi lengkap tentang penyakit pasien
  7. Menangani penyakit pasien sebaik mungkin dan bertanggung jawab terhadap penanganan yang digunakan


Ya, ini pengalaman pribadi saya dan hasil dari cari-cari info kesana-sini.


Hal diatas sangat umum dan memang benar adanya. Dari cerita-cerita para rekan saya yang berkewarganegaraan selain dari Indonesia, di negaranya para dokter menangani pasien layaknya seorang psikolog dan berusaha meminimalisir penggunaan obat-obatan. ketika memeriksakan diri ke dokter, mereka lebih sering disuruh mencurahkan gejala-gejala yang dirasa, ditanya pola hidup serta makannya, diminta mencurahkan isi hati maupun pikirannya yang membuat penyakit tersebut semakin parah. Setelah itu, para dokter tersebut lebih sering memberi saran tentang pola makan dan pola hidup sesuai penyakit yang diderita, setelah itu barulah akan diberi vitamin ataupun antibiotik secukupnya jika dirasa perlu. Namun para dokter tersebut berusaha meminimalisir penggunaan obat-obatan kepada para pasien, karena bahan kimianya memiliki dampak negatif untuk jangka panjangnya.

Senang sekali saya mendengar cerita-cerita tersebut, kenapa???
Karena, di Indonesia masih jarang sekali dan dapat di hitung jumlah dokter yang prosedur kerjanya seperti itu......

Dari pengalaman saya keluar-masuk pintu praktek dokter (untuk pemeriksaan pribadi maupun mengantar keluarga) saya belum pernah mendapatkan penanganan dokter sesuai SOP yang sebenarnya seperti cerita rekan-rekan bule saya. Justru, saya dan beberapa orang melahirkan statement bahwa mayoritas dokter di Indonesia multiwork system dengan profesi sales obat.

Why you tell about multiwork system???
Ya......
cobalah kita flashback ketika kita periksa kedokter, jarang sekali dokter yang cerewet untuk menjelaskan detail penyakit yang kita derita dan menanyakan pola hidup serta makan kita. Kita akan diberi tahu tentang penyakit yang kita derita saja, jika kita yang bertanya dahulu. Dokter di Indonesia mayoritas mahal kata dan solusi, mereka memeriksa lalu memberikan kertas yang berisi resep untuk ditukarkan di penukaran obat di tempat prakteknya.

Ada juga, yang menyuruh kita untuk kontrol lagi ketempatnya ketika obatnya habis. dari pengalaman beberapa rekan saya yang disuruh kembali kontrol lagi ke tempat dokter yang memeriksanya, mereka akan mendapatkan rujukan kerumah sakit/dokter itu akan merasa diluar kemampuan maupun fasilitasnya ketika kondisi sudah parah.

"Sakitnya tuh disini......... (sambil menunjuk kening)"
Lagi booming Cita Citata

Tadi malam, tepatnya tanggal 28 Oktober 2014 saya berkunjung menengok keadaan Ibu saya di kediaman beliau. Ibu saya sedang menderita tumor dan beberapa penyakit komplikasi lainnya, tentu harus mendapatkan rujukan atau perawatan intensif. Namun saya beserta kakak sedang mengurus kartu BPJS agar perawatan dan pengobatan dapat dicicil, kami menyadari bahwa penyakit kanker tidaklah murah pengobatan serta terapinya. Selain itu penyakit penyempitan syaraf, batu empedu, jantung, vertigo dan tekanan darah rendah yang diderita Ibu saya juga butuh penanganan yang tidak murah.

BPJS sudah ada dan sebelum mendapat perawatan di rumah sakit, Ibu saya wajib memeriksakan diri ke dokter yang berada disekitar tempat tinggalnya dan meminta rujukan ke rumah sakit. Kebetulan dokter yang didatangi adalah dokter yang memiliki jabatan tinggi di sebuah instansi pemerintahan. Namun seperti yang saya ceritakan diatas, bukannya mendapatkan pelayanan yang sesuai prosedur serta rujukan malah dokter tersebut menyarankan merk-merk obat yang dipajang di tempat prakteknya (layaknya seorang SALES). Ketika Ibu saya berkata bahwa sudah tidak kuat menahan sakitnya dan ingin dirujuk ke rumah sakit, mau tahu jawaban dokter tersebut?????

" Nanti dulu Bu, nunggu hingga panas tinggi dan harus kontrol kesini lagi...nanti saya tentukan kapan harus dirujuk" Kata Dokter tersebut.

WAUUUWWWW........ketika saya dengar cerita tersebut, otomatis yang keluar dari hati saya "Ma Vaffanculo.....The doctor is a d*mn sales!!!!" Mohon maaf ya, hujatan wajib hukumnya dan manusiawi ketika manusia tidak dimanusiakan......

Apalah dikata, nasi sudah menjadi lontong......itu sudah lumrah dalam dunia sales kesehatan.

Hal diatas hanyalah sekedar curhatan dari pengalaman saya serta sebagai pembelajaran para calon pasien, agar tidak ragu untuk bertanya dan meminta dokter menjadi pendengar yang baik. Kita bayar mahal untuk pemeriksaan hanya tersentuh stetoskop dan tensimeter???? Jangan mau, kita bisa kok beli stetoskop dan tensimeter untuk dipergunakan dirumah.
So, mari ikut serta dalam pengembangan kesehatan Indonesia....

Sudah 5 tahun ini saya mengurus keluarga keluar masuk rumah sakit dengan penyakit darah tinggi, stroke, batu ginjal, batu empedu, serta operasi amputasi. Cukup melelahkan dan harus browsing sana-sini agar tidak terjerumus.

untuk cerita selanjutnya, akan saya posting di kemudian hari.....Jika sempat dan lagi ES MOU SIH (dibaca : Mangkel).




Sebelumnya, saya meminta maaf kepada para dokter yang merasa telah menjalankan kewajiban profesinya sesuai prosedur. Karena tidak semua dokter seperti yang saya ceritakan di atas.
Untungnya, saya diatas sudah menuliskan kata "mayoritas".....jadi, ini bukan mematikan pasaran seorang dokter.

Antara Dokter dan Sales Obat - Pengalaman - Kesehatan - Curahan Hati