Jepara Galeria Mall Entertainment Center

Sumber foto : metronews.com


Internusa siap mengucurkan dana Rp 70 M demi membangun Mall di Kota Ukir, Jepara

                Kota ukir yang menjadi sebutan untuk kota Jepara memiliki sebuah bangunan bekas bioskop (Bioskop Mutiara), namun sudah usang dan tak berfungsi. Banyak warga yang mempertanyakan juga mengkritik pihak pemerintah Jepara karena hal-hal tersebut. Berlokasi di pusat kota tepatnya 10 meter dari alun-alun Jepara Bumi Kartini, gedung bioskop mutiara menjadi pemandangan yang kurang menarik untuk di pertontonkan kepada para wisatawan lokal maupun asing. Beberapa warga ada yang berkata bahwa gedung tersebut akan di bangun super market dan ada juga yang berkata gedung tersebut akan di bangun pemerintah, tapi mayoritas warga tidakmengetahui kelak gedung bioskop itu akan dibangun menjadi apa.

                Kebingungan warga Jepara terjawab sudah pada hari Rabu 27 Maret 2013 oleh Bapak Budi Asmara selaku juru bicara PT. Internusa yang akan membangun Jepara Galeria Mall Entertainment Centre (JGMEC) di gedung bekas Bioskop Mutiara Jepara, Jawa Tengah. Investor yang bergerak di berbagai sektor ini akan mempersiapkan dana sekitar Rp 70 miliar untuk membangun sebuah pusat perbelanjaan dan hiburan yang menurutnya terbesar di Jepara.

                Pak Budi A. Mengatakan bahwa Jepara Galeria Mall  Entertainment Centre ini akan akan dibangun pada lahan seluas 1.856 meter persegi dan ketinggian lebih dari 10 meter dengan beragam fasilitas yang berbeda. Beliau menuturkan, JGMEC akan menyediakan area parkir di basement, sedang lantai satu diperuntukkan mainan anak-anak dan pusat perbelanjaan Lantai dua akan menyajikan food court berupa indoor maupun outdoor serta bioskop dan family karaoke. Sedangkan lantai tiga adalah hotel bagi para wisatawan-wisatawan lokal maupun asing yang ingin menginap dengan akses pusat kota, terjangkau pusat perbeanjaan, souvenir khas Jepara dan menikmati tengah kota Jepara dari ketinggian. “Jadi, fasilitas yang akan kita bangun itu komplit”, klaim Pak Budi A. (27/03/13). Menurut penuturannya, pembangunan JGMEC di Jepara ini mempunyai banyak sisi positif seperti di kota-kota besar lainnya. Sehingga warga Jepara maupun wisatawan lokal dan asing tidak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk berbelanja sembari mencari hiburan yang sebelumnya hanya ada di kota-kota besar seperti Kudus, Semarang, dll.

                Selain fungsi tersebut, Jepara Galeria Mall Entertainment Centre ini dinilai akan mendongkrak perekonomian, karena secara otomatis akan meningkatkan perputaran uang serta menjadi mata rantai perekonomian di Jepara. Dalam wawancaranya, Pak Budi mengklaim bahwa akan banyak lowongan pekerjaan yang dapat dimasuki oleh warga Jepara dan mendirikan tenant sebagai wadah untuk mempromosikan produk-produk UMKM khas Jepara jika JGMEC berdiri.

                Menurut pengakuan Pak Budi A. untuk urusan lahan yang akan dibangun menjadi JGMEC sudah tidak ada masalah, sebab pihaknya sudah MoU dengan Perusda Aneka Usaha milik Pemkab yang menguasai sebagian lahan tersebut dan membeli beberapa lahan yang dimiliki warga setempat. Selain itu, pihaknya juga menyewa beberapa lahan dalam jangka waktu yang lama.

                Dengan penyelesaian aspek-aspek diatas bukan berarti tidak ada kendala sama sekali. Lambatnya berbagai perizinan dari Pemkab Jepara menjadi kendala dalam pembangunan JGMEC. Namun bukan berarti menjadi penghambat besar dalam pembangunan Jepara Galeria Mall Entertainment Centre, karena pihak-pihak dari investor terus berkoordinasi dengan Pemkab. “Kami akan terus berkoordinasi dengan Pemkab Jepara agar pusat perbelanjaan dan hiburan ini bisa segera dibangun”, tutup Pak Budi Asmara mewakili PT. Internusa.

0 komentar: