Kemasan atau Packaging Part I

1. PENGERTIAN

Definisi kemasan/packaging secara sederhana adalah sarana yang membawa produk dari produsen ke tempat pelanggan atau pemakai dalam keadaan yang memuaskan (Departemen Perindustrian, 2007)

2. FUNGSI

Packaging/pengepakan/pembungkusan/pengemasan :
- Wadah
- Alat transportasi
- Ukuran/satuan
- Pengaman/pelindung
- Informasi
- Promosi

3. ATURAN UMUM STANDAR PACKAGING

Standar packaging di Eropa (BSI, 2000) bertujuan untuk membantu perusahaan dalam memenuhi kewajiban mereka terhadap peraturan packing 1998, yang menyebutkan tentang petunjuk packing dan limbah packing. Isi peraturan tersebut :
3.1 Volume dan berat packing dibatasi sampai batas jumlah minimal pemeliharaan yang diperlukan, baik dari segi keamanan, higienis, perlindungan, dan penerimaan konsumen.
3.2 Packing harus di desain sedemikian rupa agar dapat digunakan kembali dan dapat didaur ulang.3.3 Memproduksi packing yang tidak berbahaya dan berisiko tinggi.

Dibawah ini merupakan aturan-aturan umum dalam standar packing (Hangout "Furniture Industry Environment Trust", hal 41) :
5.1 Perlindungan terhadap produk
packing yang digunakan dapat mencegah kerusakan terhadap produk yang ada di dalamnya.
5.2 Proses produksi packing
Memberikan batasan-batasan dalam memproduksi packing. 14
5.3 Filling proses
Memberikan pengetahuan mengenai ketentuan-ketentuan pengisian packing.
5.4 Material packing
Material packing dapat mengendalikan proses produksi packing.
5.5 Penampilan produk dan pemasaran
Packing dapat membantu mengidentifikasi produk
5.6 Penerimaan konsumen
Packing dapat memberikan kepuasan terhadap kebutuhan konsumen dalam penggunaan dan perlakuan.
5.7 Informasi
Pada packing terdapat informasi yang diperlukan mengenai penyimpanan, penggunaan, dan perlakuan.
5.8 Keamanan
Pada packing terdapat pemberitahuan tentang penggunaan yng aman dan perlakuannya.
5.9 Undang-undang
Packing yang digunakan sesuai dengan hukum yang berlaku

6. PACKAGING PRODUK UMUM

LANGKAH dan STRATEGI

a. Desain kemasan sesuaikan dengan tren :
  • Tren klasik
  • Tren oriental atau western
  • Tren minimalis
b. Pilih warna sedang tren :
  • Tren tegas dengan warna dasar
  • Tren warna kontras simultan
  • Tren warna pastel (lembut)
  • Tren warna mengkilap/doff
c. Pilih bahan yang juga sedang tren :
  • Plastik/kaca/keramik
  • Alami : semacam daun kering, pelepah pisang, kulit jagung, dll
  • Bahan bisa didaur ulang (recycle), ramah lingkungan
d. Umumkan ke publik atas perubahan kemasan tersebut agar konsumen tidak salah pengertian


Artikel tersebut disampaikan oleh Calex Supriyatno W. dalam acara "Pelatihan untuk Industri Champions dan Pengrajin Kayu Jepara"



0 komentar: