3D Design

Panjigraphy
Apakah itu desain 3D ?????
Ya, desain 3D adalah sebuah pola gambar yang dapat dilihat dari berbagai sisi dan lebih detil dalam pemaparannya (itu menurut saya sendiri).
Lalu mengapa saya membahas tentang desain 3D???
Ya, karena sekarang saya juga sedang mendalami hal tersebut....

Saya mulai menyentuh desain 3D sejak pertengahan tahun 2012 lalu, dari seorang rekan saya yang bernama Anugrah Saputra (Putra). Dia dulu adalah drafter / tukang gambar (istilah dari desainer 3D) di salah satu perusahaan mebel besar di Jepara, dan rekan saya sewaktu sekolah. Dengan berbekal sebuah netbook dual core standar, saya menginstall aplikasi desain 3D bernama Google Sketchup 3D free trial dan membukannya dengan bantuan Putra. Saya lalu bertanya fungsi-fungsi tools yang ada di layar komputer saya, dan mencobanya. 

Setelah itu, saya mencobanya setiap hari untuk membuat desain-desain yang sekiranya cukup mudah (tanpa ada mentor/pengajar), mulai dari membuat sebuah meja minimalis, figura, desk lamp, hingga membuat desain rumah. Belum banyak menguasai, tiba-tiba saudara saya pemilik usaha furniture ekspor meminta saya untuk membuat desain 1 set furniture kantor (meja kerja, kursi, lemari, dll). Ketika desain tersebut selesai saya buat dan disetujui saudara saya, rejeki masuk ke kantong saya sebagai pengganti transportasi dan tenaga. Dengan begitu saya melihat sebuah prospek dari aplikasi ini dan berniat mendalaminya. Beberapa bulan kemudian beberapa rekan ada yang meminta digambarkan desain furniture dan saya terima, begitu seterusnya. Ada yang meminta desain furniture interior, garden, membuat layout sebuah event (rigging stage, berikade, tenda artis, FOH, dll), desain panggung, hingga desain dan kontruksi inti musholla yang akan dibangun. Orderan saya adalah sekolahan saya, karena dari orderan-orderan tersebut saya bisa mengetahui banyak hal. Mulai dari saudara, teman, usaha mebel kecil, restoran, ketua RT, hingga perusahaan mebel yang bonafit di Jepara telah memberi orderan desain 3D kepada saya. 
Saya sangat bersyukur dan ingin lebih mengetahui lebih dalam lagi, apalagi saya belum mengenal dalam tentang Autocad, 3D Max, dan Lumion 3D. Itu semua adalah PR saya, kelak harus mempelajarinya.

Sekarang saya digandeng dan dibawa nama oleh 3 perusahaan furniture, 1 usaha mebel kecil, 1 usaha galeri dan seni, 1 perusahaan jasa bisnis dan mengajar saudara serta rekan saya tentang desain 3D secara gratis....selain itu, saya juga masih belajar, karena masih banyak yang belum saya ketahui tentang sketchup.



Bagi para pembaca, jika ingin order desain 3D ke saya, silahkan klik dibawah ini :

0 komentar: