Jepara Workshop Photography Part I



Pada tanggal 09 November 2013 kemarin, Yapara Entertainment - Under Sky Agency yang bekerjasama dengan inspiration Artist ProductionParamadiva StudioOmah Kopi dan Komunitas LENSA Jepara mengadakan acara edukasi di bidang fotografi. Durasi waktu yang panjang, membuat acara yang bernama "Jepara Workshop Photography" ini seperti seminar 1 hari. Tepatnya dimulai pukul 08.30 WIB hingga 17.30 WIB, namun ada sesi istirahat sekitar 2 jam pada siang hari. Jepara Workshop Photography diselenggarakan pada sebuah cafe kopi bersatu dengan homestay dan sekaligus sebuah studio foto outdoor bernama PARAMADIVA Studio, sedangkan cafe dan homestay bernama Omah Kopi "Jeng Titik".


Dalam acara tersebut terdapat dua sesi seminar dengan dua pembicara berbeda, yaitu Bapak Yasir El Makoalo - Komunitas Click Semarang dan sebagai pamungkasnya adalah Luis Enrique De la Cruz Ishikawa (Ike Ishikawa) - Fotografer profesional dari Peru. Selain seminar, ada juga sesi hunting foto HI ke Pasar Ratu Jepara dan pameran foto karya Ike Ishikawa. Sebagai pelengkap agar tidak ada kebosanan dalam sesi istirahat yang mencapai waktu 2 jam, Yapara Entertainment - Under Sky Agency menyuguhkan sebuah penampilan band musik lokal yang tergabung dalam manajemennya. Band bernuansa alternatif tersebut bernama FOUR X BAND, yang mengisi kebosanan istirahat selama 1 jam di Jepara Workshop Photography.

Pemberi materi yang atraktif dan mudah dipahami, membuat acara seminar lebih menarik. Dengan gaya bahasa serta cara bicaranya yang mudah ditangkap oleh peserta, menjadikan setiap materi tidak sia-sia untuk dituangkan secara penuh. Selain itu, foto hasil hunting para peserta akan dikumpulkan ke panitia dan dipilih 5 terbaik versi Ike Ishikawa, lalu foto pilihan tersebut akan dibawa Ike Ishikawa untuk diikutkan dalam pamerannya, di display dalam galeri Ike Ishikawa dan akan dimasukkan dalam hunting foto Ike Ishikawa di Indonesia untuk dipilih oleh Kedutaan Besar Indonesia di Peru guna pembuatan kalender 2014 disana. Tak henti sampai disitu, setelah Ike Ishikawa berbagi ilmu dan pengalamannya, sesi selanjutnya adalah diskusi tanya-jawab bersama Ike Ishikawa. Dalam sesi ini, tenaga serta pikiran Ike Ishikawa memang harus kuat karena kreatifitas dan keberanian para peserta yang ingin tahu untuk terus bertanya, sehingga acara terakhir ini sangat seru dan tidak membosankan. Dalam kedua sesi tersebut, Ike Ishikawa di bantu oleh Emanuel sebagai translator pribadinya, dan Panji Fardiansyah sebagai moderator merangkap translator antara Ike Ishikawa dengan bahasa fotografinya dengan para peserta.

Selesai acara tersebut, tentu para peserta sebagai fotografer meminta adanya foto bersama Ike Ishikawa dan disertai Ucapan selamat datang di Jepara dengan bersalaman oleh Panji Fardiansyah, pemberian sertifikat pembicara dari panitia oleh Aninditya Y. Kalifatuloh, dan tanda persahabatan antar fotografer dengan pemberian sebatang rokok lalu rokok tersebut dinyalakan oleh Kareem El Latif yang mewakili Komunitas LENSA Jepara.


Adapun beberapa foto dari acara tersebut dari Kuli Jepret Panjigraphy, walau hanya sedikit :











0 komentar: