TIDAK ADA BISNIS TANPA MODAL





Ya, benar sekali
Tak ada bisnis atau usaha yang dibangun tanpa modal, kalau ada yang bilang seperti itu sanggah aja.

Kenapa???
Karena semua aktifitas kita butuh modal.

Namun sanggah juga jika ada yang bilang usaha atau bisnis itu modal utamanya adalah uang.

Kok bisa???
Modal itu bukan hanya uang, banyak yang menjadi landasan awal dan pondasinya selain uang.

Fasilitas....gadget, kendaraan, akun sosmed, relasi, hingga niat kita itu merupakan modal juga.

1. RELASI
Bisnis yang saat ini saya jalankan secara fisik di luar bisnis online menggunakan aset yang saya miliki berupa relasi, silahturohim. Ketika kita terbatas dengan dana, belajarlah memberdayakan apa yang ada di sekitar kita. Rekan, saudara, orang lain merupakan modal yang kadang belum kita sadari. Bisnis online yang saya jalani pun awal mulanya tanpa menguras banyak uang karena dengan relasi kita bisa belajar teknik marketing, bahkan mendapat konsumen maupun pemodal.

2. INTERNET
Nah, kalau ini pasti mayoritas rekan-rekan sudah menyadari dan menggunakannya. Fasilitas ysng satu ini merupakan dambaan di era digital untuk mengawali usaha.

3. AKUN SOSMED, BLOG, HINGGA EMAIL
Disini kita berbicara modal intangible, atau kalau sudah jalan usahanya ini disebut intangible assets. Merupakan aset/modal yang tidak nyata atau tak berwujud. Sempat mendengarkan podcast Fikry Fatullah tentang Intangible Asset di dalam bukku Robert T. Kiyosaki yang dipelajari beliau, sangat benar sekali dan intangible asset adalah modal atau aset kita dalam bentuk digital. Kita bisa memanfaatkan modal kita ini dengan maksimal karena sangat simpel, tidak rumit seperti data fisik, serta praktis bisa digunakan dimana saja.

4. FASILITAS
Gadget, kendaraan, meja, kursi dan lainnya merupakan fasilitas yang bisa menjadi modal awal kita dalam membangun usaha.

5. NMAD (NIAT-MENTAL-AKSI-DOA)
Kalau yang ini, bagi saya merupakan modal utama kita dalam membangun usaha/bisnis. Tanpa semua itu, uang sebanyak apapun akan menjadi modal yang percuma. Istilah yang sering saya utarakan ketika ada orang yang bertanya modal usaha saya, meski banyak juga yang mencibir maupun tidak percaya.

6.
7.
8.
9
Seterusnya


Silahkan isi sendiri, karena masih banyak hal bisa menjadi modal kita.

Percayalah, bahwa diri kita kaya. Dengan keyakinan pada niat baik kita, memiliki mental tangguh serta thawakal, menjalani apa yang sudah diyakini dan dipertimbangkan denga aksi yang nyata, dan berpondasi pada doa kepada Allah SWT serta berbagi kepada yang membutuhkan dan selalu bersyukur, Insya Allah usaha kita bisa terbangun dengan baik dan dipenuhi keberkahan.


By Panji Fardiansyah

0 komentar: